perlindungan jaringan terintegrasi dari end-to-end network security, merupakan solusi pengamanan dari hulu ke hilir yang terintegrasi sehingga membentuk pola pertahanan yang kuat dalam menghadapi suatu serangan, dan dapat dengan cepat melakukan proses perbaikan sistem apabila serangan tersebut masuk kedalam sistem. Solusi yang akan ditawarkan adalah dari McAfee, merupakan kolabolrasi dari beberapa solusi sbb :

  • Intrussion Prevention System (IPs)
    Adalah solusi pertahanan untuk memeriksa aliran paket data yang masuk ke suatu sistem. Paket data tersebut apakah mengandung sesuatu yang mencurigakan (malware, virus, unknown malware, dan lain-lain). Solusi ini dapat melakukan blocking terhadap paket data yang dinilai mencurigakan.
  • EndPoint Security (ENS)
    Adalah sistem kemanan yang diletakkan pada masing-masing endpoint (user). Perangkat user tersebut akan dilindungi dari kemungkinan serangan luar, pencurian data, backup data, encryption, dan lain-lain.
  • Secure Web Gateway (SWG)
    Adalah keamanan berbasis web. Untuk memfilter URL, aplikasi web, content filtering untuk menjaga keamanan dan mengarahkan perilaku pengguna dalam aktifitas berinternet.
  • Malware Analysis / Advanced Threat Defense (ATD)
    Adalah solusi pengecekan langsung terhadap suatu paket data atau file yang masuk ke dalam jaringan. Paket data/file tersebut akan dianalisa, apakah layak untuk diteruskan kepada pengguna atau dinilai berbahaya dan tidak diteruskan.
  • Threat Intellegence Exchange (TIE) & Active Respons (MAR)
    Adalah solusi yang bergerak secara otomatis dalam sebuah sistem jaringan untuk mencari dan langsung mengeksekusi file atau paket data yang sudah menjangkiti sebuah sistem infrastruktur.
  • Security Incident and Event Management (SIEM)
    Solusi management control berdasarkan event-event yang terjadi pada suatu network infrastruktur. SIEM ini akan membaca hasil-hasil log setiap perangkat untuk kemudian dianalisa dan memberikan rekomendasi bagaimana sebaiknya memperlakukan network infrastucture dari sisi kemanannya.
  • Data Loss Prevention (DLP)
    Adalah solusi untuk end user (pengguna) demi melindungi data yang terdapat pada suatu device. Data tersebut akan diprotect sesuai pengaturannya, apakah diencrypt, atau tidak bisa dicopy, tidak bisa diprint, maupun melakukan backup otomatis secara berkala.